Research

Divisi Research Investindo menyediakan laporan analisa saham dan pasar sebagai pelengkap informasi untuk membantu investor dalam membuat keputusan investasi. Laporan yang kami sediakan merupakan hasil dari analisa mendalam, yang disertai dengan rating dan nilai wajar dari saham tersebut.
Lihat Research

Research

Summary

Daily Report - 31 Mar 2021


IHSG kembali terkoreksi signifikan pada perdagangan selasa, ditutup pada level 6071,44 (-1,55%). Tekanan jual... Read More

IHSG kembali terkoreksi signifikan pada perdagangan selasa, ditutup pada level 6071,44 (-1,55%). Tekanan jual terus terjadi sejak awal dibuka, terutama dari investor asing yang tercatat melakukan netsell senilai Rp 328 milyar di pasar reguler, dengan total transaksi Rp 10,4 triliun. Berita mengenai BPJS TK yang akan mengurangi porsi investasi di saham dan reksadana turut menambah tekanan jual, sehingga belum terlihat perlawanan yang berarti hingga penutupan.

Bursa global ditutup bervariasi, bergerak tipis sehingga relatif netral. Sedangkan dari bursa komoditas bergerak melemah kecuali harga coal yang menguat 0,57%. Harga CPO terkoreksi cukup signifikan dimana ditutup turun 4,7% sehingga berpotensi memberikan sentimen negatif pada pergerakan sektor perkebunan pada hari ini.

Minimnya katalis positif belum dapat menahan tekanan jual yang terjadi pada IHSG, beberapa saham bahkan menyentuh batas autoreject bawah sehingga investor perlu lebih berhati-hati. Target koreksi bisa mencapai support trendline yang terbentuk sejak maret tahun lalu di sekitar 5950-6000.

News Highlight

  1. Ini Alasan BPJS Ketenagakerjaan Kurangi Porsi Saham dan Reksadananya (bisnis.com)
  2. Kenapa Ini? Obligasi RI Cuma Laku Rp 4,7 T, Target Rp 30 T (cnbcindonesia.com)
  3. Indosat Ooredoo Jual 4.200 Menara Telekomunikasi Senilai US$ 750 Juta (investor.id)
Hide
disclaimer on

Daily Report - 30 Mar 2021


IHSG gagal bertahan di zona positif, setelah ditutup pada level 6166,82 (-0,46%). Investor asing yang awalnya... Read More

IHSG gagal bertahan di zona positif, setelah ditutup pada level 6166,82 (-0,46%). Investor asing yang awalnya netbuy, beralih menjadi netsell dengan posisi di penutupan mencatatkan netsell Rp 39 milyar di pasar reguler, dengan total transaksi Rp 10,4 triliun. Nilai transaksi relatif sepi ini membuat tekanan jual yang sebenarnya tidak terlalu besar menjadi lebih dominan.

Bursa global ditutup bervariasi, dan relatif kuat terutama di US, terlihat dari index Dow Jones yang kembali break rekor tertingginya. Dari bursa komoditas terpantau bergerak mixed, sentimen positif dari harga minyak mentah dan CPO yang menguat setelah terkoreksi beberapa hari terakhir.

Ditengah minimnya katalis, IHSG kemarin terkoreksi setengah dari candle sebelumnya, sehingga sinyal positif minggu lalu menjadi agak lemah, perlu diperhatikan hari ini apakah akan kembali menguat untuk melanjutkan sinyal reversal menjadi uptrend jangka pendek, atau justru kembali turun.

News Highlight

  1. Semen Indonesia Tetapkan Dividen Rp 1,14 Triliun (investor.id)
  2. BCA (BBCA) bagikan dividen dengan yield 1,66% (kontan.co.id)
  3. Bank Negara Indonesia (BBNI) bagi dividen Rp 820,1 miliar (kontan.co.id)
Hide
disclaimer on

Daily Report - 29 Mar 2021


IHSG akhirnya rebound setelah mengalami koreksi 4 hari beruntun, ditutup pada level 6195,56 (+1,19%), memberik... Read More

IHSG akhirnya rebound setelah mengalami koreksi 4 hari beruntun, ditutup pada level 6195,56 (+1,19%), memberikan sinyal pembalikan dengan candle bullish reversal pertama. Penguatan didukung oleh investor asing yang tercatat melakukan netbuy dengan nilai Rp 295 milyar. Transaksi total senilai Rp 11 Triliun. Bursa global turut memberikan sentimen positif dengan penguatannya selama 2 hari terakhir terutama dari wallstreet, ditutup mendekati level rekor tertingginya kembali. Dari bursa komoditas juga relatif mengalami rebound terutama dari harga minyak mentah dimana ditutup menguat 4,1%. Sentimen negatif datang dari pelemahan harga CPO yang terkoreksi 4,5%. Seluruh sektor menguat pada perdagangan Jumat lalu, terutama dari sektor metal merespon pengumuman resmi terbentuknya Indonesia Battery Corporation, terus menguat hingga akhir sesi membuat pergerakan sektor ini masih menarik untuk diperhatikan. selain itu sektor properti dan finance juga menarik yang rata-rata telah mengalami koreksi signifikan selama 2 minggu terakhir, kemudian mulai menguat pada Jumat pekan lalu.

News Highlight

  1. Indonesia Battery Corporation Resmi Terbentuk (investor.id)
  2. Beli menara Rp 3,98 triliun, Tower Bersama (TBIG) minta restu RUPSLB akhir Maret 2021 (kontan.co.id)
  3. Jasa Marga Related Business berencana melantai di bursa efek pada 2022 (kontan.co.id)
Hide
disclaimer on

Daily Report - 26 Mar 2021


IHSG turun 4 hari beruntun, cukup signifikan dari penutupan pekan lalu di level 6356 hingga kamis kemarin ditu... Read More

IHSG turun 4 hari beruntun, cukup signifikan dari penutupan pekan lalu di level 6356 hingga kamis kemarin ditutup pada level 6122,87 (-0,54%), atau hampir 4% dibanding jumat pekan lalu. Transaksi berjalan relatif sepi dengan total nilai Rp 10,4 Triliun, sehingga tekanan jual dari investor asing sulit tertahan, tercatat netsell di pasar reguler senilai Rp 346 milyar.

Bursa global ditutup bervariasi, sebagian mulai bertahan di zona positif, meskipun tipis sudah mulai ada perlawanan sehingga diharapkan dapat memberikan sentimen positif pada IHSG. Sedangkan dari bursa komoditas relatif melemah, terutama dari harga minyak mentah yang turun 4%.

IHSG menjelang penutupan kemarin mulai tampak ada perlawanan, dari level 6058 menguat hingga berakhir di level 6122, naik 1% dari posisi terendah. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian investor mulai optimis bahwa harga skrg sudah mulai menarik, apalagi sudah turun selama 4 hari beruntun. Masih ditunggu katalis berikutnya untuk mendukung penguatan seperti sentimen dari intermarket, nilai kurs, dan capital inflow yang sejak kemarin belum muncul.

News Highlight

  1. Lima Emiten Grup Bakrie Serentak Galang Dana (investor.id)
  2. Kinerja mentereng, AKR Corporindo (AKRA) cetak laba bersih Rp 924,91 miliar di 2020
  3. Bank Rakyat Indonesia (BBRI) akan tebar dividen, ini besarannya (kontan.co.id)
Hide
disclaimer on

Daily Report - 23 Mar 2021


IHSG ditutup melemah ke level 6301,13 (-0,87%), transaksi berjalan relatif sepi, sehingga cenderung tertekan s... Read More

IHSG ditutup melemah ke level 6301,13 (-0,87%), transaksi berjalan relatif sepi, sehingga cenderung tertekan sejak awal hingga akhir hari, terutama oleh investor asing yang catatkan netsell relatif besar senilai Rp 413 milyar dengan total transaksi Rp 10 Triliun. Bursa global ditutup bervariasi dengan kecenderugan rebound tipis terutama dari US dan eropa, sedangkan bursa asia masih relatif melemah. Sedangkan dari bursa komoditas datang sentimen positif terutama dari harga batubara yang naik 4,9%, dan juga harga CPO yang menguat 3,15%. Pasar sudah merespon kenaikan harga komoditas batubara sejak kemarin, sedangkan sektor perkebunan sawit masih relatif minim pergerakan. Masih menarik diperhatikan untuk kedua sektor tersebut. Belum ada perlawanan yang signifikan hingga penutupan kemarin, hampir semua sektor negatif kecuali komoditas. Belum banyak katalis pergerakan, sehingga diperkirakan masih akan bergerak dalam range 6250-6350.

News Highlight

  1. Ekspor mineral mentah dIbuka, ini emiten yang bakal diuntungkan (kontan.co.id)
  2. Rukun Raharja (RAJA) berencana ikut garap proyek pipa Rokan dengan Pertagas (kontan.co.id)
  3. Dana asing diproyeksikan deras masuk ke Asia Pasifik termasuk Indonesia daripada AS (kontan.co.id)
Hide
disclaimer on

Weekly Report - 10 Mar 2022


s' Read More

s'

Hide
disclaimer on

Weekly Report - 10 Mar 2022


s Read More

s

Hide
disclaimer on

Weekly Report - 10 Mar 2022


s Read More

s

Hide
disclaimer on

Weekly Report - 19 Mar 2021


IHSG ditutup pada level 6356.16 (-0.03%), melemah tipis dibanding penutupan pekan lalu. Sempat turun menutup g... Read More

IHSG ditutup pada level 6356.16 (-0.03%), melemah tipis dibanding penutupan pekan lalu. Sempat turun menutup gap di level 6276nya, kemudian bergerak naik sejak kamis kemarin, sehingga secara momentum terbentuk cukup baik, meski belum break high pekan lalu.

Hide
disclaimer on

Weekly Report - 12 Mar 2021


IHSG ditutup menguat ke level 6358.21 (+1.59%), sempat terkoreksi4 hari beruntun hingga ke level 6167, akhirny... Read More

IHSG ditutup menguat ke level 6358.21 (+1.59%), sempat terkoreksi4 hari beruntun hingga ke level 6167, akhirnya menguat pada 2 hari terakhir. Investor asing tercatat melakukan netsell senilai Rp 1.59 Triliun di pasar reguler. Capital outflow relatif besar pada pekan ini sehingga perlu diwaspadai perkembangannya di pekan depan. Total transaksi sepanjang pekan ini relatif sepi dengan nilai Rp 65Triliun.

Hide
disclaimer on